Warta Lereng Gunung Argopuro, Rembang, Jawa Tengah

Indonesia 2.0; Jalan dari Speedy

Kebutuhan hidup kini tak bisa lagi dilekatkan lagi pada sandang, pangan, atau papan. Komunikasi, pengetahuan, keamanan, dan hiburan, misalnya, kini telah menjadi kebutuhan yang tak bisa dielakkan. Kesibukan kita dalam beraktifitas sehari-hari, memerlukan hiburan sebagai obat kejumudan. Ya… kebutuhan manusia telah melompat jauh dari sekadar kebutuhan perut dan pembungkus badan. Pada sisi yang berbeda, pencapian teknologi sebagai sarana pemenuhan kebutuhan manusia juga telah mengalami kemajuan. Kini, teknologi yang malah semakin memperlambat kelangsungan aktifitas kita, sudah semestinya ditinggalkan.

Internet merupakan salah satu pencapaian tertinggi menusia, terutama dalam upaya pemenuhan kebutuhan dan pemajuan peradaban. Betapa kita tidak bisa mengingkari, lantaran internet, kita dimudahkan di hampir semua urusan. Daya jangkau kemanfaatan internet mencakup semua bidang yang digeluti manusia, mulai dari ekonomi, pendidikan, sosial, hiburan, budaya, politik, olah raga, dan sebagainya. Bahkan blog ini pun, dibuat lantaran adanya kesadaran itu. Mealui blog ini, bagi masyarakat kawasan pegunungan kapur utara, bisa membagikan informasi sejarah dan potensi daerahnya; bagi warga yang tengah tinggal di luar kota, bisa menjadi sarana pelepas rasa kangen; kebangan terhadap daerah pun akan terdongkrak apabila mengetahui daerah yang kurang terekspose ini terpampang bebas di laman maya; dan yang tak kalah penting, bagi para peneliti yang akan mengkaji daerah ini, bisa menjadikan blog ni sebagai peta awal tanpa perlu membolak balik buku, jurnal, surat kabar, atau datang langsung. Begitu kira-kira.

Kembali lagi, internet. Ya, internet bisa menggantikan banyak hal. Bagi mereka yang selalu update berita, internet bisa menggantikan lembaran-lembaran surat kabar dengan skala pergantian informasi yang jauh lebih update. Bagi pengagum musik, internet bisa menggantikan tumpukan kaset atau CD musik dengan tanpa kesusahan mencari di pasar, toko, atau lokasi-lokasi tertentu. Bagi para pelajar, internet bisa menggantikan berbagai buku dengan content, penjabaran, dan eksmerimen yang lebih kaya. Apakah ini berarti cara lama tak bisa dilakukan? Tentu saja tidak. Namun, dibanding cara lama, layanan di internet lebih menawarkan kemudahan dan kecepatan, bahkan menambah kualitas dan kuantitas hasil, tanpa mengubah atau mengurangi kualitas hasil. Kecepatan, kualitas, kuantitas, dan kemudahan ini tentu lebih sepadan dengan kebutuhan kita yang semakin hari semakin dituntut serba cepat, efektif, dan maksimal.

Speedy sangat memahami kondisi ini secara jeli. Maka lahirlah beberapa layanan yang tepat pada waktu yang tepat pula: yakni Fulltrek, KanalBola, PesonaEdu, Protector 365 Clinic. Ya… Bisa dikatakan, Speedy memberi sarana pemenuhan kebutuhan yang sepadan. Kenapa demikian? Pelan-pelan. Mari kita membuat ukuran penilaian terlebih dahulu. Setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita jadikan parameter penilaian yang digunakan untuk membandingkan dengan sarana pemenuhan kebutuhan yang lain: kekayaan konten, biaya, kemudahan pengunaan, akses (daya jangkau pencarian), dan waktu.

Pada beberapa level di atas, Speedy benar-benar tampak unggul. Secara ringkas bisa dikatakan, Speedy menghadirkan layanan dengan konten-konten spektakuler yang sangat mudah pengoperasiannya. Pelanggan tidak perlu resah dengan ongkos. Harga berlangganan yang pelu dikeluarkan oleh pelanggan sangatlah terjangkau. Bahkan bisa dikatakan lebih murah. Dalam segi waktu, tentu saja lebih efisien. Apalagi dengan banyaknya konten yang bisa dinikmati pelanggan. Benarkah? Kesimpulan saya tersebut tentu bagi saya sangat beralasan. Nanti akan saya buktikan dengan mengulas layanan spesial itu satu persatu.

KanalBola [http://www.kanalbola.com]

KanalBola adalah situs portal dan layanan streaming sepak bola berbayar yang pertama di Indonesia. Apa yang bisa diperoleh dalam KanalBola? Apa hubungannnya dengan perkataan saya diatas, bahwa perolehan informasi melalui layanan berbasis jaringan maya ini lebih menguntungkan ketimbang yang lain. Di sini saya akan mengulas melalui ukuran yang tersedia.

(a) Kekayaan konten. Dalam KanalBola, kita bisa menonton Live Streaming Liga Italia, Liga Inggris, bisa juga nonton Piala Dunia. Selain itu, kita juga bisa mengakses berbagai berita bola dari berbagai liga di seluruh dunia, lengkap dengan liputan khusus pemain-pemain dunia. Serta, berbagai prediksi dan arsip seputar sepak bola, mulai dari jadwal pertandiangan, statistik, peringkat, pencetak gol pada berbagai liga, video cuplikan gol (gool klip) indah dari berbagai pemain dunia, dan koleksi foto para pemain sepak bola. Saya kira, layanan ini mencoba merangkum fasilitas televisi dan surat kabar. (b) Biaya. Normalnya, kekayaan konten semacam itu mestinya perlu dibayar mahal, namun tidak demikian dengan layanan Speedy ini. Bagi anda pelanggan Speedy, cukup membayar Rp.2000,- per minggu, semua bisa dinikmati. Bila dibandingkan dengan media yang lain, baik televisi maupun surat kabar, pebedaan harganya sangatlah mencolok. (c) Kemudahan pengunaan. Selama bisa mengoperasikan tenologi computer, internet, atau handphone, tentu layanan ini tidaklah sulit. Berita dan foto para pemain itu bisa diunduh (download) secara bebas oleh para pelanggan. (d) Akses (daya jangkau pencarian). Tanpa perlu mengunjungi gerai, toko, atau tempat-tempat tertentu, layanan ini bisa di akses dengan leluasa. Hal ini jelas memudahkan kita, apalagi ketika tengah berada di daerah yang jauh dari akses media. (e) Waktu. Berbeda dengan media infomasi yang lain, seperti televisi dan surat kabar yang perlu membolakbalik, layanan yang ditawarkan Speedy ini memberikan keuntungan efisiensi dari segi waktu. Terutama dalam kondisi sibuk, apalagi dalam event piala dunia semacam ini, KanalBola tentu sangat bermanfaat. Di mana kita bisa mencari berbagai informasi tentang bola, tetapi tidak mengganggu aktifitas kita? Jawabannnya tak lain adalah KanalBola.

Dalam proses pelangganan, kita pun tidak dipersulit. Setelah melakukan registrasi dengan mengetik BOLA, lalu dikirim ke 6768, kita akan langsung mendapatkan PIN sesuai dengan nomor HP kita. PIN inilah yang nantinya digunakan untuk log in di halaman www.kanalbola.com. Atau, bisa juga langsung melakukan registrasi di www.kanalbola.com. Akhirnya, sepak bola dunia ada dalam genggaman kita.

Fulltrek [http://www.fulltrek.com]

Layanan Speedy yang kedua ini berupa portal musik. Melalui layanan ini, kita dimanjakan dengan kemudahan mencari lagu, serta kenyamanan mendengarkan musik dengan kualitas terbaik secara online. (a) Kekayaan konten. Pada sisi ini, Fulltrek jelaslah unggul. Dalam Fulltrek, kita bisa memperoleh berbagai lagu dari berbagai genre musik, baik lokal maupun manca, dari dangdut sampai rock, termasuk musik indie, keagamaan, juga OST. Tidak sebatas fasilitas download lagu, dalam Fulltrek juga disediakan fasilitas streaming video klip dan lagu, juga RBT dan ringtone. Lebih dari itu, berita seputar musik juga bisa kita akses. Luar biasa bukan? Kaset atau CD mana yang menawakan kelengkapan berbagai musik itu? Situs mana yang menawarkan layanan tambahan berita yang sekomplit itu, selain Fulltrack itu sediri. Bisa dibilang Fulltrack merangkum fungsi kaset, CD, majalah, dan surat kabar. (b) Biaya. Bagi para pengguna Speedy, bisa mengunduh (download) 10 lagu dalam setiap bulannya secara gratis. Bagi yang tidak berlangganan Speedy, biaya download-nya sangat terjangkau. Dengan hanya RP 5.000,- per lagu, kita mendapatkan lagu dengan kualitas terbaik karena lagu-lagu yang tersedia orisinal. Sedangkan untuk biaya streaming, mulai RP. 2000,- an per minggu. (c) Kemudahan pengunaan. Pelanggan juga akan dijamin kepuasannya dengan kemudahan sajian. Selain dimanjakan dengan suguhan musik yang super komplit, kita juga dibantu menemukan album-album baru, terkini, atau pun lagu-lagu terpopuler. (d) Akses (daya jangkau pencarian) dan Waktu. Sebagaimana KanalBola, kapan pun dan di mana pun kita berada, Fulltrack bisa kita akses secara mudah. Ya… tidak ada alasan bagi kita untuk meragukan keluasan akses layanan ini.

Manfaat layanan ini akan sangat terasa apabila kita tengah berada dalam kondisi suntuk, dan ingin mendengarkan musik, tetapi lagu yang kita inginkan tidak tersimpan dalam handphone atau computer/laptop. Melalui inilah kita bisa memperolenya dengan mudah. Kasus lain, lagu kesayangan kita ternyata jarang diputar di radio misalnya, tak perlu teriak-teriak atau berturut-turut request ke penyiar, lagu-lagu yang kita inginkan bisa dicari dalam dari database Fulltrek, lalu tinggal kita unduh (download) melalui komputer atau handphone.

PesonaEdu [http://edu.telkomspeedy.com]

Ada pa dengan PesonaEdu? (b) Kekayaan konten. Tak kalah lengkapnya dengan dua layanan sebelumnya, di PesonaEdu, kita bisa mengunduh (download) lebih dari 2000 halaman simulasi interaktif berkelas dunia, dari berbagai mata pelajaran yang yang dianggap sulit, seperti matematika, fisika, atau kimia. Semua materi bisa diunduh sesuai dengan jenjang pendidikan diinginkan, mulai tingkat SD sampai SMA. Kalau ingin sekalian memperlancar bahasa inggris, kita bisa memilih buku berbahasa inggris, karena layanan ini dilengkapi dengan dua bahasa, yaitu inggris dan indonesia. PesonaEdu juga memudahkan kita dalam proses mengunduh. Bila ingin mempelajari tema tertentu saja, kita bisa mengunduh versi bab, tak perlu versi lengkap. Dengan demikian, dari segi waktu dan biaya, kita bisa mendapatkan apa yang kita cari secara efisien. Bila ingin mendapatkan versi lengkap, tak perlu khawatir. Karena dalam PesonaEdu, kita diberikan keleluasaan untuk memilih dalam dua versi, yaitu versi bab dan versi lengkap. (b) Biaya. Soal biaya, tak perlu mengerutkan dari. Untuk mendapatkan infomasi dan pengetahuan yang nilainya sangat mahal ini, kita hanya dikenakan biaya yang sangat murah. Dengan uang Rp. 16.500,- per bulan, kita bisa mendapatkan satu Bab materi pendidikan PesonaEdu, di mana setiap Bab terdiri dari puluhan halaman simulasi interaktif. Sedangkan untuk versi lengkap, dikenakan biaya Rp.137.500 per bulan. Versi lengkap ini terdiri dari 9-15 Bab yang merupakan materi pelajaran untuk 1 tahun ajaran. Harga ini jauh di bawah harga buku, CD pengetahuan, atau sumber lain. (c) Kemudahan pengunaan, Akses (daya jangkau pencarian), dan Waktu. Secara umum, ketiga poin ini tidak berbeda dengan kedua layanan sebelumnya. Yang jelas, kita tidak akan merasa dirugikan lantaran kesusahan mengakses, kesulitan memilah, atau materi hanya berisi informasi sepele.

Kenapa perlu PesonaEdu? Di tengah keluasan pengetahuan, pembelajaran melalui sekolah tentu saja tidak cukup. Bahkan melalui les privat pun seringkali tidak menambah pengetahuan, sebab apa yang disajikan hanya pengulangan dengan materi di sekolah. Tidak ada penambahan, kalaupun ada, sangat sedikit sekali. Karenanya diperlukan trobosan baru dalam pembelajaran yang sesuai dengan era teknologi informasi sekarang ini. Kelebihan yang sangat menonjol adalah keluasan materi, kecepatan akses, dan menggunakan simulasi interaktif, sehingga bisa memperoleh ilmu yang memahamkan, bukan memusingkan. Kalau sekadar membaca buku pelajaran dan membayangkan prakteknya, tak jarang kita hanya akan mendapatkan ilmu yang memusingkan.

Protector 365 Clinic [http://protector.telkomspeedy.com]

Untuk melengkapi kenyamanan dan keamanan dalam mengakses dunia maya, kita disediakan Protector 365 Clinic. Paket software proteksi ini menggabungkan software antivirus, firewall, privacy, dan tune up. Dengan demikian, selain berfungsi sebagai antivirus yang melindungi komputer/laptop dari virus, juga berfungsi sebagai firewall yang mencegah serangan hacker. Layanan ini tentu saja cocok untuk mereka yang sering melakukan aktifitas online. Dengan layanan ini, kegiatan online yang sehari-harinya kita lakukan akan terlindungi dari barbagai hal yang menyebabkan kegiatan kita terkendala. Protector 365 Clinic, secara ampuh, bisa membentengi komputer/laptop kita dari serangan virus yang berkeliaran di internet, misalnya Spyware, Trojan Horse, dan lainnya. Bahkan, program proteksi ini mampu mendeteksi lebih dari 4 juta virus yang bertebran di dunia maya. Selain itu, Protector 365 Clinic juga melindungi kita dari berbagai gangguan online oleh Hacker, sebagaimana disinggung di atas. Ditambah lagi kemampuannya untuk membersihkan data-data privacy, sekaligus meningkatkan kinerja komputer dengan aplikasi tune up-nya.

Program ini tidak berharga mahal. Untuk menjaga stabilitas dan keamanan komputer/laptop, kita cukup membayar biaya Rp.8800,- per bulan bagi pelanggan Speedy, dan Rp.10.000,- per bulan bagi yang bukan pelangan. Jumlah ini tentu jauh di bawah dari manfaat yang kita dapatkan. Saya kira, kita tak bisa mempertaruhkan laptop dengan tidak memasang Protector 365 Clinic, hanya karena enggan mengeluarkan jumlah uang yang tidak seberapa itu. Sebagai tambahan, kita akan mendapatkan layanan ini secara gratis pada sepuluh hari pertama.

Setelah membagikan informasi secara panjang dan secara lebar, saya ingin bertanya, apakah anda melihat kemanfaatan yang sama? Saya rasa anda tengah menganggukkan kepala. Empat layanan di atas bisa kita jadikan sebagai andalan dalam memenuhi berbagai kebutuhan kita, teman kita, atau keluarga kita, dalam urusan informasi, hiburan, dan proteksi. Harapannya semakin banyak masyarakat Indonesia yang melirik manfaat dari layanan dari situs-situs tersebut. Hingga masyarakat terbiasa menggunakan layanan terbaik, efisien, dan berbasis online, kehadiran Indonesia 2.0 semakin kita rasakan. Mungkinkah? Semestinya kesemuanya itu bisa kita rekuh tanpa ada rasa takut dan pesimis. Ya, dengan tawaran spektakuler dari Speedy ini, kita menuju Indonesia 2.0. [Rifqi]

Filed under: Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: